Ketahui Komponen Biaya Customs Clearance untuk Mengatur Pengeluaran Importir

jasa import borongan door to door

Usaha undername impor mulai banyak digunakan orang-orang untuk menyiasati perizinan yang belum dikantongi untuk mendatangkan barang dari luar negeri. Ada baiknya sebagai importir mengetahui tentang komponen biaya Custom Clearance untuk memperkirakan total pengeluaran mereka.

Komponen Biaya Custom Clearance  

jasa import borongan door to door

Saat melakukan kegiatan ekspor impor barang, pastilah terdapat biaya-biaya tambahan selain dari ongkos kirim dari negara asal ke negara tujuan. Disebut dengan Customs Clearance yang harus dibayarkan pada pihak Bea Cukai. Berikut informasi mengenai komponen dari pembayaran tersebut:

  • Biaya di Negara Eksportir

Berikut adalah biaya di negara eksportir :

  • Biaya Pengadaan

Dalam pengadaan ini, terdapat biaya produksi yang tentu saja ditanggung oleh eksportir selaku pembuat barang. Selain itu, ada nilai pembelian atau disebut dengan buying in cost. Dibayarkan oleh pengekspor selain produsen.

  • Biaya Pengelolaan

Sering disebut dengan handling cost yang terdiri dari biaya pengemasan serta penyimpanan di gudang eksportir. Dilanjut ongkos inland transport berupa perjalanan hingga menuju ke pelabuhan atau bandara termasuk THC atau Terminal Handling Charge.

  • Biaya Dokumen Ekspor

Dokumen yang dibutuhkan berupa Bill of Lading jika melalui kapal laut atau Airway Bill dengan pesawat berupa resi pengiriman, certificate of origin atau surat asal barang, serta pemberitahuan ekspor dan Customs Clearancenya. 

  • Biaya Angkutan Utama

Pada poin ini berisi biaya pengangkutan, baik melalui udara atau air freight ataupun melalui lautan yang disebut dengan sea freight. Besarnya ongkos ini bervariasi, tergantung pada pihak eksportir serta jasa yang digunakan.

  • Biaya Asuransi

Biaya ini dibayarkan saat menggunakan Incoterm atau International Commercial Terms berupa hak serta kewajiban penjual dan pembeli saat pengiriman barang. Terutama jika menggunakan CIF (cost, insurance and freight), CIP (carriage and insurance paid to) serta DDP (delivery duty paid).

  • Biaya di Negara Importir

Berikut adalah biaya-biaya yang perlu dikeluarkan di negara importir:

  • Biaya THC

Biaya THC atau Terminal Handling Charge merupakan biaya CHC yang ditambahkan dengan ongkos tambahan dengan ketentuan dari pihak jasa Customs Clearance pilihan. Oleh karena itu, tentu saja bervariasi dari satu lainnya.

  • Biaya Dokumen Impor

Salah satu komponen biaya Custom Clearance termasuk pengurusan dokumen setelah barang tiba di negara tujuan ialah delivery order atau D/O, biaya untuk jasa yang digunakan, pembiayaan PIB (pemberitaan impor barang) serta bea untuk Customs Clearancenya.

  • Biaya Asuransi

Biaya asuransi dibayarkan jika menggunakan Incoterm berupa EXW berupa tempat pengambilan barang, FOB atau pengurusan dari izin hingga siap diberangkatkan dengan kapal, CFR penanggung jawaban dari asal ke tujuan dan CPT berarti sampai di tempat akhir hingga dibawa pengangkut.

  • Biaya Inland Transport Destination

Biaya ini adalah ongkos yang dibayarkan untuk transportasi selama perjalanan darat dari pelabuhan hingga menuju ke gudang muat atau transit. Hal ini dapat ditentukan oleh pihak jasa undername impor atau kesepakatan dari penjual serta pembeli selaku importir dan eksportir.

  • Biaya Masuk serta Pajak Impor

Biaya masuk dibayarkan ketika barang sudah sampai di pelabuhan melewati serangkaian pemeriksaan. Termasuk di dalamya ialah bea, PPN, serta PPH impor, cukai dan juga PNBP atau Pendapatan Negara Bukan Pajak. Tak hanya itu, barang mewah pun memiliki pajak tersendiri.

Untuk mempermudah berbagai kepengurusan biaya sebaiknya menggunakan jasa impor door to door terpercaya agar tidak kebingungan. Pihak tersebut tentu sudah berpengalaman dalam hal izin serta penghitungan ongkos dari masing-masing tahap.

Demikianlah ulasan mengenai komponen biaya Custom Clearance yang dapat dijadikan rujukan saat hendak mengimpor barang. Untuk info lebih lanjut dapat menanyakan kepada jasa undername impor pilihan Anda.